Sabtu, 26 Mac 2011

TANJUNG TANAH KERINCI

Azhari Baharuddin
 Oleh : Azhari Baharuddin


Tanjung Tanah adalah sebuah negeri atau desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Danau Kerinci. Desa ini terletak kira-kira 12 Km dari kota sei-penuh, dikelilingi oleh hampiran sawah yang luas tak heran kalau Desa Tanjung Tanah disebut sebagai lumbungnya padi di Kabupaten Kerinci, dengan jumlah penduduk lebih kurang 3000 jiwa yang sebagian besar merantau ke Malaysia. kebanyakan warganya bekerja sebagai petani, nelayan,dan hanya sebagian kecil yang bekerja di pemerintahan.




Hamparan sawah
Tanjung Tanah cukup terkenal di dunia Internasional sejak ditemukannya Kitab Undang-undang Tanjung Tanah yang merupakan naskah melayu tertua di dunia, dan juga bukti sejarah Kuburan nenek Haji Lateh yang merupakan salah seorang penyebar agama Islam di Kerinci. Nenek Haji Lateh, menurut cerita dari keturunan beliau yang masih hidup, Nenek Haji Lateh memiliki kesaktian yang dalam sekejap mata mampu pulang  pergi ke Mekkah.
Makam Nenek H. Lateh
Nenek Haji Lateh juga disebutkan sebagai penyebar agama Islam, metode yang digunakan adalah dengan masuk kedalam tatanan masyarakat dan menjadi bagian dari kehidupan mayarakat tersebut. Tanjung Tanah mempunyai hubungan sejarah dengan Malaysia. dibuktikan dengan wujudnya perkampungan melayu di Kota Kuala Lumpur yang pada mula di beri nama Kampung Abdullah Ahmad. Abdullah Ahmad merupakan orang Tanjung Tanah yang pertama sekali menerokai kampung tersebut.Kerana pada perkembangannya kampung tersebut mulai berdatangan atau bercampur dengan orang-orang luar maka nama Kampung abdullah Ahmad ditukar menjadi Kampung Kerinchi.
Mesjid Raya Al-Ihsan Tanjung Tanah

4 ulasan:

  1. salam tuan,
    dapatkah diketahui lebih lanjut mengenai sejarah nenek Haji Lateh?

    BalasPadam
  2. Pernah mendengar para tokoh agama mngusulkan nama ninek jilateh sebagai paglawan penyebar Islam di bumi kerinci, namun banyak tokoh2 lain menolak/tidak mengakuinya, apa sebabnya???

    BalasPadam
  3. Pernah mendengar para tokoh agama mngusulkan nama ninek jilateh sebagai paglawan penyebar Islam di bumi kerinci, namun banyak tokoh2 lain menolak/tidak mengakuinya, apa sebabnya???

    BalasPadam
  4. Mgkn data secara otentik blm ad?

    BalasPadam